Ini 5 Nama Anggota Pansel Pengganti Hakim MK Maria Farida

Ini 5 Nama Anggota Pansel Pengganti Hakim MK Maria Farida

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk panitia seleksi (pansel) yang bakal menyeleksi calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pengganti Maria Farida Indrati. Siapa saja anggota tim pansel itu?

Pada Selasa (17/4/2018), Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi Sapto Prabowo menyebut mantan hakim MK Prof Dr Harjono menjadi ketua pansel tersebut didampingi 4 orang anggota yaitu Maruarar Siahaan, Sukma Violetta, Zainal Arifin Mochtar, dan Mas Achmad Santosa. Selain itu, ada Cecep Setiawan yang ditunjuk menjadi sekretaris pansel.

Pembentukan pansel itu sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 71 Tahun 2018 tentang Pembentukan Pansel Hakim MK yang diteken Jokowi pada Senin (16/4).

Pansel itu akan bertugas mencari figur pengganti Maria Farida yang akan pensiun dari jabatan hakim konstitusi pada Agustus mendatang. Peneliti Indonesian Legal Roundtable (ILR) Erwin Natosmal Oemar mengatakan pansel itu harus diisi sosok yang memiliki rekam jelas terbaik untuk menghasilkan figur hakim konstitusi yang terbaik pula.

Jokowi harus secepatnya membentuk Pansel MK yang diisi oleh figur-figur negarawan yang telah memiliki jejak rekam yang terpercaya,” ujar Erwin, Jumat (13/4).

“Tidak banyak waktu yang tersisa. Hanya dengan cara itulah yang bisa dilakukannya demi menyelamatkan asa ide negara hukum yang akan berakhir pada masanya,” imbuh Erwin.
(jor/dhn)

Sumber Berita Detik.Com Sbobet