Konservasi Patung Sudirman Ditargetkan Rampung Minggu Ini

Konservasi Patung Sudirman Ditargetkan Rampung Minggu Ini

Jakarta – Konservasi seluruh tubuh Patung Sudirman yang sempat bolong di bagian punggung belakang sudah berjalan 70 persen. Diharapkan pekan ini sudah rampung secara menyeluruh.

“70 Persen yang sudah dikerjakan. Tinggal finishing 30 persen lagi. Mudah-mudahan di Hari Minggu sudah rampung,” kata Kepala Unit Pengelola (UP) Pusat Konservasi Cagar Budaya Disparbud DKI, Rucky Nellyata saat dihubungi detikcom, Selasa (17/4/2018).

Rucky menjelaskan proses perbaikan masih dilakukan. Di antaranya membersihkan dengan bahan kimia citric acid 3% sebanyak dua kali.

“Hari ini masih melakukan pembersihan dengan bahan kimia citric acid 3% (2 kali). Pembersihan dengan aquadest serta proses coating,” jelasnya.

Konservasi Patung Sudirman Ditargetkan Rampung Minggu IniFoto: Konservasi Patung Jenderal Sudirman. (Dokumen Pusat Konservasi Cagar Budaya Disparbud DKI)

Selain itu, Pusat Konservasi Cagar Budaya DKI juga memperbaiki marmer patung yang pecah. Serta ada perbaikan pada dudukan patung yang terkelupas.

“Hari ini sedang melakukan perbaikan beberapa marmer yang pecah serta nat-nat dudukan patung yang terkelupas,” jelas Rucky.

Setelah itu, tahap akhir yang dilakukan yakni memberikan pelapis pada patung menggunakan kristal plstik yang dilarutkan. Jika tidak ada kendala, lanjut Rucky, konservasi seluruh tubuh Patung Sudirman rampung pekan ini.

“Pekerjaan terakhir di-coating atau pelapisan dengan bahan paraloid (kristal plastiik) yang dilarutkan dengan bahan pelarut klorofin atau toluen,” katanya.

(idh/nkn)

Sumber Berita Detik.Com Sbobet