Menkum Terharu Lihat Napi Anak Cuci Kaki Orang Tua

Menkum Terharu Lihat Napi Anak Cuci Kaki Orang Tua

Tangerang – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyaksikan langsung prosesi cuci kaki orang tua oleh penghuni Lapas Anak Tangerang. Yasonna menyebut kegiatan itu merupakan bagian dari pola pembinaan terhadap tahanan dan narapidana anak.

“Ini bagian dari pola pembinaan yang kita lakukan. Dengan pendekatan psikologi, ini mempererat dan memberi ruang pada orangtua untuk bertemu anaknya,” kata Yasonna di Lapas Anak Kelas 1 Tangerang, Jalan Daan Mogot Tangerang, Selasa (17/4/2018).

Yasonna mengaku tak kuat menyaksikan suasana haru tersebut. Dia menyaksikan langsung bagaimana para tahanan dan napi anak mencuci kaki ibu mereka dan minta maaf.

“Kalau kalian lihat rasanya ini nggak kuat. Bagaimana seorang anak yang selama ini jauh, seorang ibu yang selama ini jauh tidak berkomunikasi, datang minta maaf kepada ibunya, mencuci kaki ibunya,” lanjutnya.

Menkum Terharu Lihat Napi Anak Cuci Kaki OrtuFoto: Menkum Yasonna Laoly menyaksikan aksi cuci kaki orang tua (Bil Wahid/detikcom)

Pantauan detikcom di lokasi, saat prosesi penyiraman kaki, Yasonna berada di belakang barisan penghuni lapas. Dia bahkan sempat mengabadikan momen itu menggunakan ponselnya.

Di tempat yang sama, Kabag Humas Ditjenpas Kemenkumham, Ade Kusmanto menyebut kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Lapas Khusus Anak di Indonesia. Jumlah tahanan dan napi yang dilibatkan mencapai 1.000 orang.

Di LPKA Kelas 1 Tangerang sendiri kegiatan ini diikuti 131 tahanan dan napi anak. 100 anak merupakan penghuni LPKA Kelas 1 Tangerang, dan sisanya dari wilayah lain.

“Dari sini ada 100 anak. Ditambahkan 31 orang dari daerah lain,” kata Ade.

(abw/ams)

Sumber Berita Detik.Com Sbobet