Ombudsman Usulkan Moratorium Pendaftaran Umrah

Ombudsman Usulkan Moratorium Pendaftaran Umrah

Jakarta

Ombudsman mengusulkan agar Kementerian Agama (Kemenag) melakukan moratorium pendaftaran ibadah umrah selama 2 bulan. Kemenag juga diminta audit menyeluruh terhadap semua penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU).

“Selama moratorium pendaftaran, Kemang harus memastikan bahwa seluruh jemaah yang telah terdaftar di semua PPIU dijamin dapat berangkat,” kata anggota Ombudsman, Ahmad Suaedy dalam jumpa pers di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Selasa (17/4/2018).

Selain itu, Ombudsman juga mengusulkan agar Kementerian Pariwisata melakukan pengawasan terhadap Dinas Pariwisata di kabupaten/kota terkait pendaftaran dan pengajuan izin baru sebagai biro perjalanan wisata (BWP).

“Selain itu Ombudsman juga mengusulkan agar kepolisian secara aktif melakukan penyelidikan atas dugaan adanya keterlibatan dan conflict of interest terhadap oknum-oknum di Kemenag,” sambung Suaedy.

Dalam pemeriksaan terkait kasus gagal berangkat calon jemaah umrah, Ombudsman menemukan maladministrasi Kemenag. Kemenag dinilai tidak optimal mengawasi penyelenggara perjalanan umrah.

(fdn/fdn)

Sumber Berita Detik.Com Sbobet