Pesawat Wisata Jatuh di Alaska

Pesawat Wisata Jatuh di Alaska

Seluruh penumpang tewas dan pilot hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, ANCHORAGE — Seluruh empat penumpang asal Polandia di pesawat tamasya, yang jatuh di dekat puncak tertinggi Amerika Utara di Alaska, ditemukan tewas di tempat kecelakaan itu, Senin (6/8). Dinas Taman Nasional mengatakan pPilotnya hilang tapi diduga tewas.

Pesawat tersebut jatuh pada Sabtu malam di dekat puncak salah satu gunung di Taman Nasional Denali di tempat berbahaya bagi regu penyelamat. Petugas mencapai lokasi itu pada Senin pagi.

Helikopter tiba di tempat itu pada Senin pagi dan jagawana menggunakan kiat “jarak pendek”, turun dari pesawat melayang di jalur aman, untuk memeriksa tempat kecelakaan tersebut. Juru bicara taman itu, Peter Christian mengatakan jagawana itu berada di sana cukup lama untuk menggali salju, yang menutupi pesawat tersebut.

“Ia menemukan empat jasad. Yang kelima, pilotnya, tidak ditemukan tapi diduga tewas,” katanya.

Pesawat jenis de Havilland Beaver, yang dikelola perusahaan taksi udara setempat, patah menjadi dua. Tempat kecelakaan itu hampir 3.353 meter dari permukaan laut, sekitar 22,5 kilometer barat daya puncak Denali. Lokasi tersebut sangat curam, dengan batu dan es hampir tegak lurus.

Awan rendah dan salju menghambat pencarian pesawat itu dan keadaan tetap menantang. “Suhunya di bawah nol. Salju turun dan keadaannya cukup berbahaya,” kata Christian.

Perusahaan penerbangan melakukan usaha cepat setiap musim semi dan musim panas mengangkut pendaki dan pelancong ke Denali dan puncak gletser lain di taman tersebut. Kecelakaan pada Sabtu itu adalah salah satu yang terburuk dalam sejarah taman tersebut.

Setidaknya satu orang selamat setelah dampak awal. Perusahaan taksi udara Talkeetna mendapat dua panggilan darurat dari pesawat itu, kata Christian. Yang pertama mengatakan pesawat itu jatuh dan yang kedua tidak bisa dimengerti. “Kami tidak mendengar apa-apa lagi sesudah itu,” katanya.

Dinas itu mengatakan akan mengirim pekerja kembali ke tempat tersebut dan menetapkan pembatasan penerbangan di daerah tersebut untuk membantunya. Jati diri korban tidak disiarkan. Taman itu bekerja dengan konsulat Polandia di Los Angeles.

SBOBET Indonesia | Daftar Sbobet Bola Casino Online