PKS: Setop Perang, Ciptakan Perdamaian!

PKS: Setop Perang, Ciptakan Perdamaian!

Jakarta – Fraksi PKS menggelar diskusi tentang penanganan konflik di seluruh dunia secara global. Lewat diskusi ini PKS menyerukan agar negara-negara adidaya menyetop perang dan mengajak untuk mewujudkan perdamaian dunia.

“Ini adalah bentuk komitmen kami untuk mewujudkan amanat konstitusi bagaimana dalam konstitusi kita bahwa Indonesia ini harus proaktif dalam mewujudkan perdamaian dunia,” kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini di ruang Fraksi PKS, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Melalui diskusi Ambassador Talk yang bertema ‘Penanganan Pengungsi dan Pengaruhnya secara Global’ itu, Jazuli mengingatkan pemerintah di seluruh negara di dunia agar ikut andil untuk meredam konflik dan peperangan yang terjadi diberbagai belahan dunia. Juga dalam penanganan pengungsi korban konflik tersebut.

“Dalam menangani pengungsi dibutuhkan peran serta dan kontribusi seluruh negara, lembaga-lembaga internasional, dan lembaga kemanusiaan agar penangannya komprehensif sehingga para pengungsi dapat kembali hidup damai,” ujarnya.

Dalam diskusi itu, Jazuli juga menyinggung soal penanganan para korban konflik yang ada di berbagai negara. Dia mengajak negara-negara adidaya untuk menyudahi konflik berkepanjangan yang masih terjadi hingga saat ini.

“Yang kami inginkan dari negara adidaya itu ayo kompak setop perang. Karena itu kami hari ini membuat diskusi publik tentang bagaimana menangani pengungsi-pengungsi yang ada di dunia,” tutur Jazuli.

“Tidak ada sisi positif dari perang dan konflik atas nama apapun karena dipasikan rakyat sipil yang menjadi korbannya. Setop perang, ciptakan perdamaian,” tegasnya.

Diskusi tersebut juga dihadiri Duta Besar Palestina Dr Zuhair Al Shun, Petinggi UNHCR di Indonesia Mr Thomas Vargas, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin.

(ams/ams)

Sumber Berita Detik.Com Sbobet