Polisi Tangkap Kelompok Spesialis Ganjal ATM di Minimarket

Polisi Tangkap Kelompok Spesialis Ganjal ATM di Minimarket

Jakarta – Setelah berhasil menangkap empat orang pelaku ganjal ATM, Polres Metro Jakarta Barat menangkap tiga orang dari kelompok lain. Dua kelompok ini saling berhubungan dalam setiap operasi.

“Kelompok ini spesialis ATM di minimarket. Jika ATM di dekat kasir dia tidak lakukan. Tapi jika di belakang kasir, dia lakukan,” ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu, kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (17/4/2018).

Kelompok 1 ini berinisial MY, AS, dan TB. Mereka ditangkap pada Senin (9/4), saat sedang beraksi di salah satu ATM di Cengkareng Jakarta Barat.

“Karena mereka mencoba melarikan diri dan melawan. Kita lakukan tindakan yang terukur (ditembak),” ucap Edy.

Kelompok 1 berhubungan dengan Kelompok 2 yang telah ditangkap sebelumnya. Mereka terdiri dari empat orang, yaitu M, RB, MF, IM.

“Dua kelompok itu sering tukar informasi, seperti tempat operasi dan lainnya,” kata Kasubnit Cyber Crime, Iptu Dimitri Mahendra.

Pelaku ganjal atm di minimarket Jakbar ditangkap polisiPelaku ganjal atm di minimarket Jakbar ditangkap polisi Foto: Arief/detikcom

Dua kelompok ini dikendalikan oleh orang yang sama yaitu JA. Sampai saat ini, JA masih buron.

“Untuk JA, atau otak pelaku dia juga diduga mengendalikan kelompok yang lain lagi. Kelompok ini pun sering kumpul dan pesta sabu bersama,” kata Demitri.

Dua kelompok ini menggunakan tusuk gigi untuk mengganjal ATM. Saat kartu ATM korban tidak bisa masuk, mereka mencoba membantu.

“Sebelum dimasukan, kartu ATM korban telah ditukar dengan kartu ATM yang telah dikikis hingga bisa masuk mesin ATM,” ucap Demitri.

(aik/mea)

Sumber Berita Detik.Com Sbobet