Terbang ke Maroko-Turki, Anies Jadi Pembicara dan Belajar soal UKM

Terbang ke Maroko-Turki, Anies Jadi Pembicara dan Belajar soal UKM

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Maroko dan Turki untuk program sister city. Anies akan menjadi pembicara pada seminar di Turki hingga belajar soal penataan UKM di Grand Bazaar Istanbul.

Anies telah terbang ke Casablanca, Maroko pada Senin (16/4) malam. Kedatangan Anies ke kota itu adalah memenuhi undangan Wali Kota Casablanca Abdelaziz El Omari dalam rangka berpartisipasi pada ‘The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018’.

Untuk hari ini, 17 April 2018, Anies dijadwalkan menghadiri pertemuan yang diadakan KBRI Rabat. Pertemuan itu untuk perkenalan dan penyampaian program pembangunan kota Jakarta sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2017-2022. Kemudian keesokan harinya, Anies akan menjadi pembicara kunci atau keynote speaker pada sesi ‘Strategic Masterplanning Green Urban Development’.

Di hari terakhir di Casablanca yaitu 19 April 2018, Anies akan berbagi pengalaman dengan mahasiswa program internasional di Hasan II University melalui acara kuliah umum yang digelar Pemkot Casablanca. Anies akan membagi pengalaman pribadinya serta program pembangunan Jakarta.

Dari Casablanca, Anies akan terbang ke Istanbul Turki untuk memenuhi Undangan Wali Kota Istanbul Mevlüt Uysal. Di Istanbul, Anies akan melakukan pertemuan bilateral dengan Uysal untuk membahas penguatan persahabatan kedua kota dan pengembangan kerja sama kedua kota. Pertemuan itu dijadwalkan pada 20 April 2018 dengan agenda pembahasan yaitu soal pengelolaan air bersih dan limbah, manajemen fasilitas sosial, dan promosi kepariwisataan.

Di hari yang sama, Anies akan melakukan kunjungan lapangan ke ISKI atau Istanbul Water & Waste Management. ISKI merupakan suatu dinas di Istanbul yang menangani pengelolaan air bersih dan limbah.

Selain itu, Anies juga akan melakukan pertemuan dengan Tesisleremiz atau Department of Support Services atau Social Facilities yaitu dinas atau BUMD Istanbul yang menangani fasilitas sosial atau KUKM. Kemudian sore harinya, Anies akan ke KJRI Istanbul untuk bertemu pelajar Indonesia di Turki untuk memberikan gambaran program pembangunan kota Jakarta sesuai RJMD 2017-2022.

Keesokan harinya yaitu 21 April 2018, Anies akan melakukan pertemuan dengan kantor pengelola Grand Bazaar Istanbul. Anies ingin tahu Grand Bazaar sebagai pusat penjualan cendera mata dan rempah-rempah di Istanbul untuk memperoleh informasi dan pengalaman dalam penataan KUKM dan sebagai kawasan terpadu dengan objek wisata kota Istanbul.

Sebelumnya, Anies telah terbang ke Maroko dan Turki pada Senin (16/4). Anies terbang didampingi Kepala Dinas Kominfo Dian Ekowati.
(fdu/dhn)

Sumber Berita Detik.Com Sbobet